TIPS MENJAGA STAMINA DI TENGAH AKTIVITAS YANG PADAT

Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi semua orang. Daya tahan ini bisa menjaga anda tetap sehat dan juga mencegah terjadinya infeksi yang menyebabkan penyakit. Tubuh yang sehat akan membuat kita semangat dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Sistem kekebalan tubuh bisa menurun karena bakteri, virus, parasit, dan jamur yang menyerang tubuh. Perubahan musim yang tidak menentu juga menjadi faktor yang mempermudah terjadinya infeksi pada tubuh. Bagi anda yang aktif melakukan aktivitas, mudah terkena batuk, pilek. Dan kondisi yang mempengaruhi daya tahan tubuh pastinya akan sangat mengganggu. Untuk anda harus pandai menjaga kesehatan tubuh anda. 

Tips menjaga stamina saat aktivitas padat

Daya tahan tubuh yang kuat  tentunya bisa menunjang aktivitas yang padat. Tidak hanya menjaga kebersihan dan membatasi kegiatan anda. adapun anda bisa melakukan kebiasaan baik berikut untuk menjaga stamina. Sebagai berikut:

  • Menerapkan pola makan sehat

Apa yang kita makan sangat berpengaruh pada kesehatan terutama daya tahan tubuh kita. terapkan pola makan sehat seperti perbanyak makanan serat. Yang biasanya ditemukan pada semua jenis sayur dan buah. Serat akan membantu menjaga kesehatan usus, mengendalikan kadar gula dan menurunkan kadar kolesterol. 

  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. bisa dengan menerapkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun dan membersihkan lingkungan sekitar. 

  • Rutin berolahraga

Dengan padatnya aktivitas yang anda lakukan, jangan jadikan alasan untuk tidak melakukan olahraga. ada bisa lakukan olahraga secara rutin saat weekend. Kegiatan olahraga tidak hanya bisa dilakukan di luar ruangan saja. Namun juga bisa anda lakukan di dalam ruangan, misalkan olahraga aerobik. Yang mana olahraga tersebut termasuk olahraga santai dan membuat anggota tubuh bergerak.

  • Tidur yang cukup di malam hari

Meningkatnya sensitivitas nyeri pada tubuh dan masalah kardiovaskular bisa terjadi akibat kita kurang tidur. Istirahat yang cukup sangat menunjang kesehatan anda. karena dengan istirahat yang cukup akan membuat anda memiliki stamina kuat untuk kembali melakukan aktivitas di pagi hari. Waktu tidur yang cukup direkomendasikan sekitar 7-9 jam untuk usia 18-64 tahun

  • Mengkonsumsi suplemen

Cara lain untuk membuat stamina tubuh tetap terjaga adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Mengkonsumsi suplemen dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. namun pastikan anda mengkonsumsi suplemen yang sesuai kondisi tubuh. pastikan anda membeli di apotek atau tempat-tempat yang sudah berpengalaman dan terpercaya. 

  • Jangan mengkonsumsi alkohol

Alkohol mengandung metabolisme yang dapat merusak kekebalan tubuh. Alkohol juga dapat menurunkan kinerja sistem kekebalan tubuh kita, sehingga mudah sekali untuk sakit. Untuk itu hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol

  • Relaksasi

Meskipun aktivitas sedang padat, usahakan untuk tetap mengambil jeda untuk istirahat. Hal ini dapat membuat anda terhindarkan dari stress. Stres tidak hanya membuat anda mudah lelah, namun stress juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Untuk itu luangkan sedikit waktu untuk relaksasi. Anda bisa melakukan yoga atau meditasi saat liburan. Anda juga bisa menyalakan aromaterapi saat tidur, ataupun melakukan hal lain yang membuat tubuh menjadi rileks.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga stamina tubuh di tengah aktivitas yang padat. Selalu terapkan pola hidup sehat setiap hari untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita. saat pandemi covid-19  seperti ini, usahakan untuk mengurangi aktivitas diluar rumah jika tidak ada kepentingan. 

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *