TIPS MEMILIH DAGING AYAM SEGAR SEGAR

TIPS MEMILIH DAGING AYAM SEGAR SEGAR

Daging ayam merupakan lauk pauk yang sangat baik dikonsumsi terutama dalam masa pertumbuhan. Daging ayam mengandung banyak nutrisi yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging ayam antara lain kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan berbagai vitamin. Selain itu daging ayam juga mempunyai rasa yang enak sehingga banyak orang yang mencari-cari daging ayam di pasar. Pastinya di pasar tidak hanya ada satu penjual daging ayam. Nah, diantara mereka kamu harus memilih penjual daging ayam dengan daging ayam yang berkualitas baik. Daging ayam yang berkualitas baik dapat mempengaruhi nutrisi di dalam nya dan juga cita rasa masakan yang dihasilkan.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Daging Ayam

Sebelum memasak tentunya kamu akan  berbelanja terlebih dahulu. Nah saat berbelanja kau harus memilih daging yang segar sehingga layak dikonsumsi atau  di taruh di dalam kulkas sebagai bahan persediaan makanan mu. Nah jika kamu belum mengetahui cara memilih daging ayam yang masih segar. Dibawah ini akan kami sampaikan  hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan untuk memilih daging ayam yang berkualitas baik dan segar.

  • Pilih berdasarkan warna ayam

Kamu dapat memilih ayam yang segar dengan patokan warna dari daging ayam tersebut. Daging ayam yang memiliki warna segar ke merah mudaan dan tidak terdapat warna keabu-abuan dapat menandakan bahwa ayam tersebut masih segar dan layak konsumsi atau disimpan di lemari pendingin. Tetapi jika warna ayam, tersebut pucat atau bahkan kebiru-biruan  bisa menandakan bahwa ayam tersebut sudah mulai membusuk atau bisa jadi menandakan ayam itu ayam tiren. Kamu juga perlu memperhatikan mengkilap tidaknya ayam itu. Jika ayam itu memiliki warna mengkilap yang mencolok bisa jadi pertanda bahwa ayam tersebut sudah diberi zat pengawet atau yang dikenal dengan formalin.

  • Pilih beradasarkan bau ayam

Daging ayam yam yang berbau khas daging segar merupakan daging ayam yang mempunyai kualitas baik. Sebaliknya daging ayam yang berbau agak busuk bisa jadi tanda bahwa daging ayam tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Dan jika anda daging ayam yang berbau terlalu amis, atau amisnya sangat menyengat. Bisa jadi daging ayam tersebut sudah dicuci menggunakan bahan kimia.

  • Lalat di sekeliling tempat penjualan

Meskipun menjijikan dan sangat dihindari. Binatang kecil terbang ini ternyata bisa menjadi tanda kualitas daging ayam. Jika kamu mendapati penjual daging ayam yang tidak didatangi lalat satu ekorpun. Kamu perlu merasa waspada. Karena lalat pasti datang jika mencium bau segar daging. Dan jika lalat itu tidak datang maka bisa menjadi pertanda bahwa daging ayam tersebut sudah diberi bahan kimia.

  • Dengan menekan daging

Anda juga dapat melakukan pengamatan daging ayam segar berdasarkan saat anda menekan daging tersebut. Saat kamu menekan daging dan daging tersebut cepat kembali ke bentuk semula atau masih elastis. Itu dapat menandakan bahwa daging ayam tersebut masih segar dan layak dikonsumsi. Sedangkan jika pada saat kamu menekan daging ayam daging tersebut tidak cepat kembali ke bentuk semula atau kaku.menandakan bahwa daging ayam tersebut sudah lama dibiarkan atau sudah lama mati dan berulang kali di simpan di lemari es.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *