Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MERAWAT TANAMAN STROBERI AGAR CEPAT BERBUAH

CARA MERAWAT TANAMAN STROBERI AGAR CEPAT BERBUAH

Stroberi merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat yang banyak. Buah tersebut tentu saja banyak di sukai oleh masyarakat umum. Sebab stroberi memiliki rasa manis dan juga rasa asam. Tidak hanya itu, orang-orang juga banyak membudidayakan tanaman stroberi ini karena tidak sulit dalam merawatnya. Selain itu, stroberi yang dijual di pasaran termasuk mahal jadi banyak orang lebih memilih menanamnya sendiri. stroberi bahkan biasa dijadikan sebagai jus, campuran es krim, selai dan juga dijadikan bahan lainnya. Stroberi banyak dalam berbagai bentuk dan juga rasa. Dengan banyaknya orang yang menyukai stroberi tentu saja buah tersebut sangatlah populer. 

Beberapa Tips Merawat Tanaman Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. sebab buah ini mempunyai banyak kelebihan di dalamnya. Yah, tentu saja dalam merawat tanaman stroberi harus mengetahui dahulu cara-cara yang tepat. Sebab jika tidak tepat tanaman tersebut akan cepat layu dan juga mati. namun tentu saja kita ingin stroberi yang kita tanam agar cepat berbuah. Tidak hanya itu, pastinya juga berbuah lebat dan manis rasanya. Hal ini tentu saja adalah hal yang tidak mudah sebab kita harus merawatnya secara ekstra agar dapat cepat berbuah. Nah, untuk itu kita harus mengetahui dahulu cara merawat tanaman stroberi di bawah ini:

  • Rajin menyiram

Setiap tanaman tentu saja perlu membutuhkan air agar dapat tumbuh. Nah, seperti halnya dengan tanaman stroberi. Tanaman ini merupakan tanaman yang harus disiram secara rutin dan diletakkan di udara yang lembab. Sebab tanaman ini tidak tahan dengan cuaca panas dan hanya tahan terhadap sinar matahari di pagi hari dan juga di sore hari. dengan begitu, tanaman stroberi menjadi tidak layu dan juga mati. air sangatlah penting untuk pertumbuhan tanaman ini karena digunakan agar fotosintesis nya menjadi lancar dan cepat tumbuh besar. Tidak hanya itu, air digunakan sebagai penjaga suhu tanaman stroberi. 

  • Rajin memupuk

Jika di saat kita memupuk pada saat tanaman tersebut masih berupa benih. Kita juga harus rajin memupuk tanaman tersebut agar tumbuh lebih cepat dan lebat. Sebab pupuk digunakan untuk menunjang dan merangsang stroberi agar cepat berbuah lebat. Kamu bisa memupuk tanaman ini dengan pupuk kandang, kompos atau pupuk lain yang banyak mengandung fosfat, kalium dan juga kalsium. Dengan begitu, stroberi akan cepat berbuah dan juga lebat. 

  • Rajin memangkas sulur stroberi

sulur stroberi adalah bagian tanaman stroberi yang menjulur ke samping untuk dapat tumbuh kembali. Nah, jika tanaman yang kamu tanam sudah bercabang dan mulai menjulur, kamu perlu menanam yang sudah terdapat akarnya. Selanjutnya jika sudah tertanam dan bertumbuh kamu bisa memotong bagian tanaman yang menjulur tadi. Sebab agar tanaman baru tersebut bisa tumbuh dengan baik dan menjadi tanaman baru.

  • Rajin memotong daun tua dan rusak

Jika tanaman stroberi yang kamu tanam sudah besar. Pastinya memiliki banyak daun yang lebat dan juga tua. Nah, daun yang sudah tua tersebut bisa kamu potong. Sebab daun tersebut tentu saja dapat menghambat pertumbuhan sulur stroberi yang baru dan membuat tidak bisa merambat. Maka dari itu, daun-daun yang sudah rusak juga harus dihilangkan agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. kamu bisa menghilangkan nya dengan gunting maupun pisau yang tajam agar tak merusak tanaman. 

Leave a comment